Latest Vector :

Logo BMKG Vector


BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yaitu sebuah Lembaga Pemerintah Non Departemen Indonesia yang mempunyai tugas melaksanakan tugas di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Tugas BMKG dalam pemerintahan Indonesia diantaranya : pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika ; koordinasi kegiatan fungsional di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika memfasilitasi dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah dan swasta di bidang meteorologi, klimatologi, kualitas udara dan geofisika.  

Ahli geografi memberi kontribusi yang besar dalam BMKG. Hampir semua tugas dapat dilakukan oleh ahli geografi karena ahli geografi memiliki pengaetahuan dan ketrampilan tentang meteorologi, klimatologi, geofisika, serta berbagai macam ilmu pendukung lainnya. Salah satu contoh yang paling sederhana adalah meramalkan cuaca dan iklim. Prediksi gempa, tsunami, banjir, dan badai pun dapat dilakukan oleh ahli-ahli geografi melalui perhitungan-perhitungan matematis. Ahli geografi juga memiliki keunggulan dibanding ahli lain dalam pemetaan yang berhubungan dengan meteorologi, klimatologi, dan geofisika, misalnya memetakan iklim di daerah tertentu.

BMKG dipimpin oleh seorang Kepala Badan. Kepala badan tersebut membawahi empat buah deputi secara langsung, yaitu: Deputi Bidang Meteorologi; Deputi Bidang Klimatologi; Deputi Bidang Geofisika; dan Deputi Bidang Instrtumentasi, Kalibrasi, Rekayasa dan Jaringan Komunikasi. Kepala BMKG tersebut dibantu oleh Inspektorat dan Sekretariat Utama. Inspektorat membawahi: Pusat Pendidikan dan Pelatihan; Pusat Penelitian dan Pengembangan; dan UPT. Sedangkan sekretariat utama membawahi: Biro Perencanaan; Biro Hukum dan Organisasi; dan Biro Umum.

Logo BMKG menggambarkan bahwa BMKG berupaya semaksimal mungkin dapat menyediakan dan memberikan informasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika dengan mengaplikasikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dan dapat berkembang secara dinamis sesuai kemajuan zaman.

Download link logo vector :


Share this article :

Post a Comment

Vectore-Shared.com. Powered by Blogger.
 
Support : Copyright © 2011. Vector-Shared - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger